Metode Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bonjol

Yuli Yatri, 2114003 (2018) Metode Pembinaan Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Bonjol. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-yuli-yatri-2114.003-.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak skripsi-yuli-yatri-2114.003-.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ad809-pdf-skripsi-yuli-yatri-2114.003-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adapun latar belakang penulis melakukan penelitian ini, karena adanya fenomena yang terjadi di SMP N 2 Bonjol yaitu, walaupun guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah melakukan pembinaan akhlak dengan berbagai metode, namun masih ada akhlak siswa yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Seperti cara bergaul siswa yang tidak sepantasnya baik kepada sesama teman, adik kelas maupun kepada guru, siswa tidak sopan dalam hal berpakaian dan bertutur kata dibuktikan dengan siswa berkata kotor dan tidak memakai pakaian yang sesuai dengan aturan di sekolah baik bagi siswa laki-laki ataupun siswa perempuan, serta siswa memiliki kebiasaan bertengkar yang disebabkan oleh kesalahpahaman atau bercanda. Selain itu juga terlihat menurunnya kondisi akhlak siswa. Diantara mereka ada yang melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan tuntutan Islam dan tujuan dari pedidikan seperti, tidak serius melaksanakan shalat berjama?ah, datang terlambat, merokok, berkata-kata kasar terhadap guru, dan mengecat rambut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana metode pembinaan akhlak siswa di SMP N 2 Bonjol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metode pembinaan akhlak siswa di SMP N 2 Bonjol. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terdapat di lapangan dengan apa adanya. Pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan yang menjadi informan pendukung ialah kepala sekolah dan siswa kelas VIII. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat dinyatakan bahwa, metode pembinaan akhlak siswa di SMP N 2 Bonjol telah terlaksana, melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode pemberian hadiah dan metode hukuman. Namun metode ini belum memberikan perubahan yang signifikan terhadap prilaku siswa. Siswa masih belum memiliki akhlak yang baik. Ternyata hal ini disebabkan oleh faktor luar yaitu lingkungan dan kurangnya perhatian dari orang tua dalam membentuk akhlak siswa tersebut

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:01
Last Modified: 24 Jul 2025 03:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item