Siti Kholijah Br. H, 2614103 (2019) Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Kenakalan Remaja di SMP Pendidikan Siswa Minangkabau (PSM) Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
78976-35.siti-kholijah-br.-h-2614.103 cover.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
78976-35.siti-kholijah-br.-h-2614.103 abstrak.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
78976-35.siti-kholijah-br.-h-2614.103 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenakalan remaja di sekolah sebab kenakalan remaja sudah merajalela seperti melanggar peraturan dan atribut sekolah serta bolos dari sekolah. Tujuannya disini yaitu untuk mengetahui bagaimana seorang guru bimbingan dan konseling dalam menangani kenakalan remaja. Di dalam penanganan kenakalan remaja ini guru bisa lebih dalam lagi untuk menangani peserta didik yang telah terjerumus kedalam kenakalan remaja. Penanganan kenakalan remaja ini dengan cara memberi nasehat, mengarahkan individu ke arah yang baik, mengubah tingkah laku yang negatif ke positif serta melakukan konseling individu agar pendirian atau tindakan peserta didik menuju kearah yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambarkan kejadian yang terjadi dilapangan dengan secara sistematis. Dalam pengambilan data ini yang menjadi informan kuncinya adalah guru bimbingan dan konseling, dan menjadi informan pendukung adalah peserta didik SMP Persatuan Sekolah Minangkabau (PSM) Bukittinggi. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti ialah observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah mengumpulkan data penulis melakukan analisis data, selanjutnya untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari temuan peneliti mengenai peranan guru bimbingan dan konseling dalam penanganan kenakalan remaja adalah guru bimbingan dan konseling berperan dalam mengubah tingkah laku dan sikap peserta didik yang telah terjerumus kedalam kenakalan remaja menjadi yang lebih baik lagi. Penanganan guru bimbingan dan konseling terhadap kenakalan remaja dilakukan dengan cara nasehat secara pribadi langsung kepada peserta didik yang mengalami masalah dan secara klasikal melalui layanan informasi yang bersangkutan dengan kenakalan remaja, konseling secara individual di ruangan bimbingan dan konseling dengan mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut dan guru bimbingan dan konseling tidak mengunakan psikoterapi terhadap peserta didik karena psikoterapi dilakukan oleh ahli-ahli tertentu.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:45 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:45 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |