Santi Melia, 2613070 (2019) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Membina Tingkah Laku Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di SMAN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
962cc-4-santi-melia cover.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
962cc-4-santi-melia abstrak.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
962cc-4-santi-melia full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan bahwa adanya siswa yang tingkah lakunya masih kurang baik, baik itu dari segi ucapan yang kurang pantas. Dari segi ucapan terlihat sebagian siswa yang tidak memiliki tutur kata yang tidak baik terhadap temannya, adapun yang peneliti lihat sebagian dari segi perbuatan yang tidak baik seperti berkelahi dengan teman perempuan, perkataan yang tidak pantas, sering bolos, tidak mengerjakan tugas, sering terlambat masuk kelas, dan cabut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam membina tingkah laku siswa di SMAN I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam membina tingkah laku siswa di SMAN I Dua Koto Kabupaten Pasaman. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wawasan tentang upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam membina tingkah laku siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dari manusia dan perilaku yang diamati. Informan dalam penelitian ini yaitu dua orang guru bimbingan Konseling dan tujuh orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan analisis deskriptif kualitatif dan teknik menguji keabsahan data dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam membina tingkah laku siswa adalah upaya preventif, yakni guru Bimbingan dan Konseling melakukan layanan informasi yang dilakukan baik secara individu dan kelompok, layanan penguasaan konten yang dilakukan secara individu, dan kegiatan pendukung yaitu sosiometri. Selanjutnya yaitu upaya korektif dengan memberikan layanan konseling perorangan, memberikan hukuman, dan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait yaitu dengan kepala sekolah, wakil kesiswaan,wali kelas, guru mata pelajaran dan orang tua dalam membina tingkah laku siswa. Kemudian upaya selanjutnya yaitu upaya preservatif dengan memberikan penguatan berupa motivasi dan pujian untuk mempertahankan dan mengembangkan tingkah laku yang sudah normatif kepada siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:56 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |