Yulia Rahmadani, 2114063 (2018) Pelaksanaan Metode Mind Mapping sebagai sebagai teknik mencatat pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover-yulia-rahmadani.pdf Download (581kB) |
![]() |
Text
abstrak-yulia-rahmadani.pdf Download (582kB) |
![]() |
Text
fulltext-yulia-rahmadani.pdf Restricted to Repository staff only Download (925kB) | Request a copy |
Abstract
Adapun motivasi penulis melakukan penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena dalam pelaksanaan Mind mapping dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yaitu penulis menemukan permasalahan-permasalahan ketika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berlangsung dimana siswa dan guru kurang menguasai teori tentang pelaksanaan Mind Mapping. Adapun kendala- kendala dalam pelaksanaan metode Mind Mapping Masih banyak diantara siswa yang belum paham dengan menggunakan Mind Mapping sebagai teknik dalam mencatat. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terdapat dilapangan dengan apa adanya. Pegumpulan data penulis lakukan dengan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan Informan penelitian terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci yaitu siswa-siswi kelas VIII di MTsN Penampung dan informan pendukung adalah Guru Sejarah Kebudayaan Islam. Data analisis dengan reduksi data dan display data. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penulis dapat menggambarkan bahwa guru dan siswa selalu melaksanakan metode Mind mapping dalam mencatat pada setiap pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, namun pelaksanaan metode Mind mapping yang diterapkan guru tersebut kurang sesuai dengan teori yang ada. Yaitu belum menggunakan warna dan garis lengkung dalam membuat Mind mapping sehingga tujuan dari Mind mapping belum dapat tercapai yaitu untuk meningkatkan kreatifitas siswa dan memudahkan siswa dalam mengingat materi pelajaran. Oleh sebab itu disarankan kepada guru dan siswa agar lebih memahami lagi tentang teori pelaksanaan metode Mind mapping
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:40 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:40 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |