Peran Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIIDi Mts.Ti Canduang

Jumei Aidha, 2113050 (2018) Peran Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIIDi Mts.Ti Canduang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover jumei-aidha-2113050.pdf

Download (21kB)
[img] Text
abstrak jumei-aidha-2113050.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7858a-skripsi-jumei-aidha-2113050.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Nama Jumei Aidha Nim (2113.050) Skripsi yang berjudul “Peran Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VII Di MTs.TI Canduang. Adapun maksud dari judul ini secara keseluruhan adalah bagaimana peran pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VII di MTs.TI Canduang. Adapun motivasi dari peneliti membahas judul ini dilatarbelakangi bahwa peneliti menemukan gejala negatif seperti siswa belum menerapkan dari nilai-nilai karakter yang diharapkan di MTs.TI Canduang. Begitu juga dalam menerapkan akhlak siswa masih bersikap dan bertingkah laku kurang sopan dalam berbicara, baik kepada teman sebayanya maupun kepada guru, berkata kotor, memanggil teman dengan sebutan yang tidak sepantasnya, meribut ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Padahal mereka telah mempelajari akhlak dan adab dalam berbicara serta guru juga telah menanamkan nilai-nilai karakter dalam perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data-data yang berkaitan dengan peran pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas VII di MTs.TI Canduang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Pengolahan data dilakukan dengan cara penyelesaian jawaban informan yang sesuai dengan hal-hal yang peneliti teliti. Adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah guru akhlak dan yang menjadi informan pendukung adalah raisul madrasah, kepala sekolah, dan siswa kelas VII MTs.TI Canduang. Tekhnik yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara, dokumentasi serta untuk mengukur keabsahan data dengan triangulasi data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah peranan pendidikan akhlak dalam membentuk karakter siswa telah terlaksana di MTs.TI Canduang tapi masih belum optimal dan masih butuh perkembangan agar menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya. Adapun teknik yang digunakan untuk pembinaan akhlak dalam membentuk karakter siswa yang dikembangkan di MTs.TI ini adalah dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode keteladanan, metode nasehat, metode pembiasaan, metode kisah-kisah, metode ceramah dan diskusi, disiplin, hukuman bagi siswa yang melanggar aturan yang telah ditetapkan. Karakter yang diharapkan dari siswa adalah religius, jujur, pemaaf, disiplin dan bertanggung jawab.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 15 Sep 2025 04:13
Last Modified: 15 Sep 2025 04:13
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item