Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Learning Cycle 5e Di Kelas VII SMP N 1 Sungai Pua Tp.2017/2018

Diva Putri, 2414097 (2018) Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Learning Cycle 5e Di Kelas VII SMP N 1 Sungai Pua Tp.2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover diva-putri.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak skripsi-diva-putri.pdf

Download (21kB)
[img] Text
dda3a-skripsi-diva-putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Diva Putri/2414.097/2018: Judul Skripsi: Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Learning Cycle 5E di Kelas VII SMP N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa terhadap masalah yang diberikan dalam pembelajaran matematika.Hal ini terlihat dari rata-rata persentase hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP N 1 Sungai Pua pada ulangan harian II berada pada kategori rendah dibawah nilai (<55) berkisar 60,8% sampai dengan 73,1%. Hal ini diduga, disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, dimana proses pembelajaran didomisi oleh guru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaranLearning Cycle 5E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 Sungai Pua Bukittinggi Tahun Pelajaran2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Sungai Pua. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian pemahaman konsep matematika siswa diperoleh dari nilai tes akhir. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung=1,86 dan ttabel=1,67 pada taraf nyata α = 0 , 0 5 . Karena 1, 8 6 > 1 , 6 7 b e r a r t i ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa “pemahaman konsep matemtika siwa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 Sungai Pua Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:26
Last Modified: 18 Sep 2025 01:26
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item