Analisis Penggunaan QRIS Sebagai Metode Pembayaran dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sekitar Kawasan Plaza Bukittinggi).

Nurul Azmi, 3321105 (2025) Analisis Penggunaan QRIS Sebagai Metode Pembayaran dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sekitar Kawasan Plaza Bukittinggi). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Nurul Azmi cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Nurul Azmi abstrak.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Nurul Azmi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya adopsi QRIS sebagai sistem pembayaran digital yang dinilai cepat, mudah, murah, aman, dan andal, namun belum diimbangi dengan peningkatan transaksi yang signifikan. Temuan lapangan menunjukkan bahwa meskipun QRIS menawarkan kemudahan transaksi dan menciptakan sistem pencatatan yang sejalan dengan prinsip syariah sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Baqarah: 282, penggunaannya masih terbatas karena kurangnya edukasi, ketergantungan pada jaringan internet, dan keterlambatan dana masuk ke rekening pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) oleh pelaku Usaha di kawasan Plaza Bukittinggi. Evaluasi dilakukan menggunakan pendekatan multidimensi berdasarkan tiga kerangka teori, yaitu Technology Acceptance Model (TAM), bauran pemasaran 4P dari Kotler (Product, Price, Place, Promotion), serta model kesuksesan sistem informasi dari DeLone dan McLean. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada pelaku usaha yang menggunakan QRIS, seperti Makan Place, Es Potong Singapura, dan Seafood Bukittinggi dan wawancara kepada 5 pembeli serta dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder, sedangkan sumber data berasal dari informan. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehingga dapat diketahui bagaimana ke efektifan penggunaan QRIS dalam meningkatkan penjualan bagi pelaku usaha di sekitar Plaza Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS cukup efektif dalam mendukung kemudahan transaksi, meningkatkan efisiensi, serta memperluas segmentasi pelanggan, terutama dari kalangan muda dan wisatawan. Namun, masih terdapat beberapa kendala seperti terbatasnya konsumen yang bertransaksi menggunakan QRIS, gangguan jaringan yang menghambat proses pembayaran, dan keterlambatan pencairan dana ke rekening yang dapat memengaruhi arus kas harian pelaku usaha. Berdasarkan TAM, hal ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan manfaat masih belum sepenuhnya dirasakan oleh semua pengguna. Dari sudut pandang bauran pemasaran Kotler, kendala tersebut berkaitan dengan kurangnya promosi dan edukasi mengenai penggunaan QRIS. Sementara itu, dalam model DeLone dan McLean, kualitas sistem dan pelayanan dinilai belum optimal sehingga memengaruhi kepuasan pengguna. Ditinjau dari perspektif ekonomi syariah, QRIS berpotensi mendukung transaksi yang lebih efisien, transparan, dan sesuai dengan prinsip keadilan (al-‘adl) dan kemudahan (taisir) dalam bermuamalah. Dengan perbaikan sistem dan peningkatan literasi digital, QRIS dapat menjadi solusi pembayaran digital yang mendorong pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan dan sesuai dengan nilai-nilai syariah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: QRIS, Efektivitas Sistem, TAM, Bauran Pemasaran, DeLone dan McLean, Ekonomi Syariah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:34
Last Modified: 18 Sep 2025 01:40
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/429

Actions (login required)

View Item View Item