Rhiski Ramadhani, 2413052 (2018) Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri 03 Pulai Anak Air Bukittinggi Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rhiski-ramadhani.pdf Download (47kB) |
|
|
Text
abstrak rhiski-ramadhani.pdf Download (240kB) |
|
|
Text
d5779-rhiski-ramadhani.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Rhiski Ramadhani / 2413.052: “Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SD Negeri 03 Pulai Anak Air Bukittinggi Tahun Pelajaran 2017/2018”. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Bukittinggi 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan pembelajaran tematik pada SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi, hal tersebut terjadi karena permasalahan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengetahui apa saja kendala pembelajaran tematik di SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi, yaitu dari perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini di fokuskan untuk mengetahui (1) Kendala guru dalam membuat perencanaan pembelajaran tematik pada kelas IV SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi; (2) Kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas IV SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan keadaan sesuai hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya maka digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 03 Pulai Anak Air Bukittinggi mengalami kendala dalam perencanaan yaitu guru kelas IV belum membuat pemetaan kompetensi seperti yang seharusnya, menentukan indikator, mencari dan menyusun bahan pendukung pembelajaran tematik. Pada pelaksanaan, pembelajaran di dominasi oleh guru dan materi juga masih terpisah-pisah. Pembelajaran juga belum berpusat pada tema dan peserta didik, selain itu konsep pembelajaran seperti learning by doing juga belum nampak. Hambatan lain yang ditemui pada saat pelaksanaan, guru masih kesulitan dalam menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan kurangnya alat bantu mengajar juga menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di SD Negeri 03 Pulai Anak Air Bukittinggi
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:54 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 02:54 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

