Pengembangan Model Bisnis pada PT. Sahibuna Sabila Salam Bukittinggi Menggunakan Business Model Canvas (BMC)

Ilham Yoga Pratama, 3621039 (2025) Pengembangan Model Bisnis pada PT. Sahibuna Sabila Salam Bukittinggi Menggunakan Business Model Canvas (BMC). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
ILHAM YOGA PRATAMA_3621039 cover.pdf

Download (269kB)
[img] Text
ILHAM YOGA PRATAMA_3621039 abstrak.pdf

Download (204kB)
[img] Text
ILHAM YOGA PRATAMA_3621039 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan model bisnis pada PT. Sahibuna Sabila Salam Bukittinggi dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC) yang dilengkapi dengan analisis SWOT dan strategi Blue Ocean Strategy (BOS). Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah belum adanya model bisnis yang terstruktur secara komprehensif, serta stagnasi dalam pertumbuhan bisnis akibat belum optimalnya strategi pengembangan yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi model bisnis yang saat ini berjalan dan merancang model bisnis masa depan yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mengidentifikasi sembilan elemen BMC, kemudian dievaluasi melalui analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta dianalisis lebih lanjut menggunakan kerangka BOS untuk merancang strategi pengembangan berbasis inovasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Sahibuna Sabila Salam perlu memperkuat elemen-elemen seperti segmentasi pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, dan relasi pelanggan. Melalui Future BMC yang dirancang, perusahaan diarahkan untuk menciptakan nilai baru, meningkatkan layanan digital, dan menjangkau pasar yang belum tergarap. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan BMC yang dikombinasikan dengan SWOT dan BOS memberikan arah strategis yang lebih efektif dalam pengembangan bisnis. Implikasi dari penelitian ini mendorong perusahaan untuk segera mengimplementasikan model bisnis baru guna meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha dalam industri perjalanan ibadah umrah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Business Model Canvas, Strategi Pengembangan,Analisis SWOT, Blue Ocean Strategy, Model Bisnis Umrah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:58
Last Modified: 25 Sep 2025 03:58
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item