Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018

Nova Yuvita, 2413017 (2018) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover nova-yuvita.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak nova-yuvita.pdf

Download (15kB)
[img] Text
0eed9-nova-yuvita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian siswa, diantaranya masih banyak siswa yang mencontek dan bergantung pada teman dalam mengerjakan tugasnya, kurangnya kepercayaan diri, malas mengerjakan tugas, bahkan tidak belajar sebelum mulai pelajaran, yang berdampak terhadap hasil belajar siswa yaitu masih banyak nilai ulangan harian siswa di bawah KKM yaitu 74. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Korelasional dengan sifat penelitian Ex Post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 108 orang siswa. Pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling dan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 27 orang siswa. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari skor pengisian angket dan tes hasil belajar. Dalam penelitian ini untuk melakukan pengujian hipotesis sebelumnya dilakukan dulu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Selanjutnya peneliti menggunakan persamaan regresi sederhana sehingga diperoleh persamaan regresinya yaitu Y = 10,441 + 0,556X, analisis selanjutnya adalah peneliti melakukan uji korelasi sederhana (r) yaitu 0,573 dan koefisien determinasi (r)² yaitu 0,329. Dapat disimpulkan, bahwa kemandirian belajar berpengaruh sebanyak 32,9% terhadap hasil belajar matematika. Dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh Ftabel = 4,24 dan Fhitung = 12,237 pada tingkat kepercayaan 95%. Jika Fhitung > Ftabel, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Peneliti juga melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Software SPSS diperoleh nilai Fhitung=12,237 dan Ftabel dengan angka db (1,25) yaitu 4,24. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Tigo Nagari Pasaman Tahun Pelajaran 2017/2018

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 29 Sep 2025 06:29
Last Modified: 29 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item View Item