Cici Ardila, 2413067 (2018) Pengaruh Lingkungan Belajar Di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover cici ardila.pdf Download (142kB) |
|
|
Text
abstrak cici ardila.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
skripsi cici ardila.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti pada tanggal 2 Agustus – 10 Agustus 2017 di SMKN 1 Tilatang Kamang. Peneliti mengamati bahwa terdapat beberapa masalah yang terkait dengan lingkungan belajar disekolah yaitu interaksi guru dengan siswa dan siswa dengan siswa kurang produktif, sumber belajar masih kurang, media pembelajaran yang digunakan masih kurang baik, Sarana prasarana disekolah masih kurang memadai. Beberapa faktor tersebut diduga berdampak terhadap hasil belajar siswa yaitu masih banyak nilai ulangan harian siswa di bawah KKM. Karena itulah penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh signifikan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar metematika siswa di SMKN 1 Tilatang Kamang? Dan seberapa besar pengaruh tersebut?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar metematika siswa di SMKN 1 Tilatang Kamang dan juga melihat seberapa besar pengaruh tersebut. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif pengaruh signifikan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap hasil belajar metematika siswa di SMKN 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian Ex Post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang yang terdiri dari tujuh kelas yang berjumlah 181 orang siswa. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik random sampling sebelumnya dilakukan dulu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata dan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 54 orang siswa yang diperoleh dari jumlah semua siswa yang di ambil 30% dari masing-masing kelas. Data dalam penelitian ini adalah hasil dari skor pengisian angket dan tes hasil belajar. Dalam penelitian ini untuk melakukan pengujian hipotesis sebelumnya dilakukan dulu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Selanjutnya peneliti menggunakan persamaan regresi sederhana sehingga diperoleh persamaan regresinya yaitu Y= -4,21+ 1,28X, analisis selanjutnya adalah peneliti melakukan uji korelasi sederhana (r) yaitu 0,44 dan koefisien determinasi (r)² yaitu 0,19. Dapat disimpulkan, bahwa lingkungan belajar di sekolah berpengaruh sebanyak 19,36% terhadap hasil belajar matematika. Dari hasil pengujian hipotesis, diperoleh Ftabel = 4,08 dan Fhitung = 12,48 pada tingkat kepercayaan 95%. Jika Fhitung > Ftabel, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKN 1 Tilatang Kamang Tahun Pelajaran 2017/2018.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:21 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 02:21 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

