Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII3 MTsN 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019

Lenggo Geni, 2414129 (2018) Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII3 MTsN 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-lenggo-geni-2414.129-.pdf

Download (106kB)
[img] Text
abstrak skripsi-lenggo-geni-2414.129-.pdf

Download (164kB)
[img] Text
0e8f4-skripsi-lenggo-geni-2414.129-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pada tanggal 14 Maret dan 19 Juli 2018 di kelas VII MTsN 3 Agam, dari hasil observasi diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan soal-soal terutama soal dalam bentuk cerita. Kesulitan itu terlihat pada saat guru memberikan latihan berupa soal cerita, dalam penyelesaian soal cerita banyak siswa yang mengerjakannya tidak menurut aturan penyelesaian soal cerita. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa banyak kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi bilangan bulat di kelas VII3 MTsN 3 Agam tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan bulat dan pecahan kelas VII3 MTsN 3 Agam tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII3 MTsN 3 Agam yang berjumlah 32 orang. Jenis data dari penelitian ini ada dua : data primer yaitu kesulitan yang dirasakan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang dilihat dari hasil tes yang diberikan dan data sekunder berupa nilai siswa yang menjadi subjek. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk soal cerita dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tes tertulis dianalisis kemudian dapat diketahui bahwa 53,13% siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita, 60,63% siswa mengalami kesulitan membuat model matematika, 63,13% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan model matematika dan 67,5% siswa mengalami kesulitan dalm menyatakan jawaban akhir. Dari persentase tersebut diketahui banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:21
Last Modified: 16 Oct 2025 02:21
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item