Juli Asna Fajri, 2413045 (2018) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Tipe Course Review Horay (CRH) Di Kelas VII MTsN 1 Agam Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-juli-asna-fajri-2413.045-.pdf Download (34kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-juli-asna-fajri-2413.045-.pdf Download (138kB) |
|
|
Text
448e6-skripsi-juli-asna-fajri-2413.045-.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa yang kurang aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran di kelas baik individu maupun kelompok. Proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru, model pembelajaran kelompok yang digunakan oleh guru kurang bisa mengaktifkan siswa, respon siswa dalam pembelajaran masih kurang dan sebagian besar nilai hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM yaitu 75. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Course Review Horay (CRH). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Course Review Horay (CRH) di kelas VII MTsN 1 Agam tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan tipe Course Review Horay (CRH) di kelas di kelas VII MTsN 1 Agam tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Posttest Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Agam tahun pelajaran 2017/ 2018. Pengambilan sampel dilakukan setelah populasi berdistribusi normal, homogen serta memiliki kesamaan rata-rata sehingga pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan tipe Course Review Horay (CRH). Data penelitian hasil belajar diperoleh dari tes ulangan harian II siswa. Berdasarkan analisis data hasil tes ulangan harian II siswa dihitung dengan menggunakan uji-t. Dengan hasil thitung=1,857 dan ttabel = 1,67. Karena -ttabel < thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0,05, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue = 0,034 yang artinya Pvalue < ? dengan ? = 0,05.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga didapat bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) adalah 79,75 dan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) adalah 73,39 pada mata pelajaran matematika di kelas VII MTsN 1 Agam tahun pelajaran 2017/2018
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

