Rahma Wati, 2413112 (2018) Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII MTsN Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rahmawati.pdf Download (27kB) |
|
|
Text
abstrak rahmawati.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
3e472-rahmawati.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII MTsN Tanjung Raya berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan yaitu kurangnya aktivitas siswa selama pembelajaran, kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, siswa menganggap matematika sulit dan hasil belajar matematika siswa rendah. Salah satu upaya yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Strategi The Firing Line. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan strategi The Firing Line dalam pembelajaran matematika di kelas VII MTsN Tanjung Raya serta untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi The Firing Line lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika di kelas VII MTsN Tanjung Raya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi The Firing Line lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VII MTsN Tanjung Raya”. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra-eksperimen dan rancangannya adalah The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang selalu hadir dikelas VII MTsN Tanjung Raya pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 127 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi dan data penelitian hasil belajar matematika siswa ini diperoleh melalui tes akhir. Berdasarkan analisis data, aktivitas siswa yang mengikuti pembelajaran Strategi The Firing Line sebesar 84%. Berdasarkan kriteria aktivitas pembelajaran, maka aktivitas siswa tergolong sangat aktif. Analisis data hasil belajar matematika dengan menggunakan uji-t, dengan thitung = 3,906 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh Pvalue= 0,00 yang artinya Pvalue< ?, ? = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi The Firing Line lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VII MTsN Tanjung Raya Tahun Pelajaran 2017/2018”
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/561 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

