Okyan Sartika, 2413109 (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning Pada Pelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 1 Dua Koto. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER okyan-sartika.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
ABSTRAK okyan-sartika.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
06932-okyan-sartika.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan. Sebanyak 73,5% siswa kelas VIII tidak mencapai KKM pada ulangan harian 1, proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran matematika, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional dan hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Genius Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto tahun pelajaran 2017/2018 ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang mengikuti Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar peserta didik yang mengikuti Strategi Pembelajaran Genius Learning lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Dua Koto tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental, dengan rancangan The Static Group Comparison Randomized Control Group Only Design untuk melihat hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Dua Koto yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampelnya dilakukan secara acak. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitiannya yaitu tes essay sebanyak 5 butir soal matematika. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3.16 dan ttabel = 1.67, menggunakan Software Minitab diperoleh P-value = 0.001 karena thitung > ttabel dan P-value < ? berarti H0 ditolak pada taraf nyata ? = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa dengan metode Geniu Learning lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan metode pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1Dua Koto Tahun Pelajaran 2017/2018”.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Ilmu > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 08:46 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 08:46 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

