Tika Febriani, 2415043 (2019) Kemampuan Pemahman Konsep Matematika Berdasarkan Gaya Belajar VAK dikelas VII.5 MTs N 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover tika-febriani-2415043-pdf.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
abstrak tika-febriani-2415043-pdf.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
37d06-tika-febriani-2415043-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh gaya belajar siswa yang berbeda-beda dan terdapatnya pemahaman konsep siswa yang berbeda-beda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VII.5 MTsN 2 Bukittinggi?, 2) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan gaya belajar VAK ( Visual, Auditori,Kinestetik) di kelas VII.5 MTsN 2 Bukittinggi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dikelas VII.5 MTsN 2 Bukittinggi, 2) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan gaya belajar VAK (Visual,Auditori, Kinestetik) di kelas VII.5 MTsN 2 Bukittinggi. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan angket dan tes kemampuan pemahaman konsep. Dalam penelitian ini dilakukan pengelompokan gaya belajar siswa dan melihat kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII.5 MTs N 2 Bukittiggi ada 18 orang memiliki kriteria sangat baik, 3 orang memiliki kriteria baik, 8 orang memiliki kriteria cukup, 1 orang memiliki kriteria rendah dan 2 orang memiliki kriteria sangat rendah.dan berdasarkan gaya belajar siswa yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 8 siswa (26.667%) siswa rata-rata memiliki kemampuan pemahaman konsepnya Baik, gaya belajar auditori sebanyak 15 siswa (50%) siswa rata-rata memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik juga, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 7 siswa (23.333%) siswa rata-rata memiliki kemampuan pemahaman konsep cukup. Gaya belajar auditori lebih dominan dari gaya belajar yang lain. Dan setiap kelompok gaya belajar memiliki kemampuan pemahaman konsep yang berbeda-beda.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya belajar VAK |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 05:01 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 05:01 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

