Gustiya Ningsih, 2415117 (2019) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin Di Kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-gustiya-ningsih-2415117-.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-gustiya-ningsih-2415117-.pdf Download (495kB) |
|
|
Text
9f0a7-skripsi-gustiya-ningsih-2415117-.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kecerdasan emosional dinilai sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Serta pendapat dari Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence menyatakan bahwa kontribusi IQ bagi keberhasilan seseorang hanya sekitar 20% dan sisanya 80% ditentukan oleh serumpun faktor-faktor yang disebut kecerdasan emosional. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan jenis kelamin. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa laki-laki di kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi dan seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa perempuan di kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional bersifat Ex-post facto dengan rancangan penelitian simple random sampling. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi yang terdiri dari 158 orang siswa. Pengambilan sampel untuk siswa perempuan dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas. Untuk siswa laki-laki peneliti mengambil seluruh siswa untuk dijadikan sampel penelitian yang berjumlah 46 orang siswa, sedangkan untuk siswa perempuan sampel berjumlah 46 orang siswa dari 112 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket kecerdasan emosional dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana, untuk uji kebermaknaan regresi menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah rata-rata kecerdasan emosional siswa perempuan lebih tinggi dari siswa laki-laki yaitu 142.17?138.28 dan rata-rata hasil belajar matematika siswa perempuan juga lebih tinggi dari siswa laki-laki yaitu 69.1?58.42. Persamaan regresi sederhana untuk kecerdasan emosional siswa lakilaki dengan korelasi 0.581 dan KD 34%, untuk siswa perempuan Y = -60.028+0.908 X dengan korelasi 0.59 dan KD 35%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa laki-laki sebesar 34% dan terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa perempuan sebesar 35% di kelas XI IPA MAN 1 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 04:05 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 04:05 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

