Fernando, 2612020 (2018) Hubungan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar di Jurusan Bimbingan Konseling Angkatan 2015 di IAIN Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Fernando.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
abstrak Fernando.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
fulltext Fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap belajar mahasiswa mempunyai hubungan dengan hasil belajar mahasiswa. Mahasiswa yang belajar dengan baik maka hasil belajarnya juga akan lebih baik begitupun sebaliknya jika sikap belajar mahasiswa itu tidak baik maka nilainya pun jelek. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah seorang dosen bimbingan dan konseling ditemukan mahasiswa banyak yang kurang konsentrasi dalam proses perkuliahan, hal ini dibuktikan dengan ketidakseriusan mahasiswa dalam mengerjakan tugas, dalam diskusi maupun dalam presentasi makalah. Peneliti juga melakukan observasi yang dilakukan pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, terlihat bahwa mahasiswa terlihat malas untuk mengikuti proses perkuliahan, kelihatan bosan selama mengikuti proses perkuliahan, kurang menyukai materi perkuliahan tertentu, kurangnya minat belajar mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, kurangnya mahasiswa memperhatikan saat proses perkuliahan berlangsung, dan sikap belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Adapun tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar mahasiswa di jurusan bimbingan dan konseling angkatan 2015 IAIN Bukittinggi dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar mahasiswa di jurusan bimbingan dan konseling angkatan 2015 IAIN Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif, penelitian kuantitatif ini bersifat korelatif yaitu tipe penelitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan hubungan antara dua variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 232 orang. Sampel penelitian sejumlah 35 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen skala Likert dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan sikap belajar dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari r hitung sebesar 0,410, r tabel dengan degree of freedom (df)=33 pada taraf signifikansi alpha 0,05 sebesar 0,283. Sehingga r hitung > r tabel. Setelah melakukan penghitungan maka diperoleh nilai r= 0,410 dan koefesien determinasi = 16,8 %. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan 0,410 variansi variabel hasil belajar mahasiswa dipengaruhi sebesar 16,8 % oleh sikap belajar mahasiswa, sementara 83,2 % hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor lainnya. Maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar mahasiswa bimbingan dan konseling angkatan 2015 IAIN Bukittinggi
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2300 Pendidikan tinggi L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB2343 Bimbingan dan Konseling Mahasiswa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikolodi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:25 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:25 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

