Upaya Guru dalam Membimbing Siswa Hiperaktif di Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi

Husni Mardiah, 2613169 (2018) Upaya Guru dalam Membimbing Siswa Hiperaktif di Yayasan Pengembangan Potensi Anak Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-husni.pdf

Download (42kB)
[img] Text
abstrak skripsi-husni.pdf

Download (45kB)
[img] Text
79c1d-skripsi-husni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy

Abstract

Siswa hiperaktif sangat sulit untuk fokus atau memusatkan perhatiannya karena adanya kerusakan pada sistem syaraf otak sehingga menimbulkan perilaku yang gelisah, suka berlari-larian saat jam pelajaran berlangsung, sulit untuk diminta bersabar saat menunggu antrian, suka menjawab asal-asalan sewaktu ditanya oleh guru, serta siswa hiperaktif sibuk dengan dunianya saja sehingga tidak menghiraukan perintah guru, akan tetapi siswa hiperaktif sangat tertarik dengan hal yang baru dilihat dan baru diketahuinya, tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing siswa hiperaktif. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menggambarkan kejadian yang terjadi di lapangan sesuai dengan data dan informasi yang diperoleh, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitunya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informen kunci dalam penelitian ini adalah 1 orang guru pembimbing, dan informen pendukungnya adalah 1 orang guru kelas yang mengajar siswa hiperaktif dan 1 orang siswa hiperaktif, teknik analisis data yaitu dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dengan membuat abstraksi. Melalui hasil penelitian maka penulis mendapatkan beberapa upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing siswa hiperaktif dengan Perbanyak memahami anak dengan memahami adanya masalah yang dialami oleh siswa hiperaktif. Dudukkan di depan dengan tujuan agar konsentrasi siswa hiperaktif tidak terpecah, serta agar guru dengan mudah menegur apabila siswa hiperaktif tidak memperhatikan pembelajaran yang disampaikan guru. Menarik perhatian anak dengan mainan warna mencolok, selain itu juga menggunakan media yang dapat membantu siswa hiperaktif untuk kembali fokus. Diskusi kelompok tidak berjalan di YPPA Bukittinggi karena siswa hiperaktif yang suka berlari-larian ketika diberikan tugas, dan juga sulit untuk kompak. Mulai latihan kedisiplinan dengan masuk kelas tepat pada waktunya, mengerjakan tugas tepat waktu, dan mentaati perintah guru. Ajak bicara siswa hiperaktif, hal ini berhubungan dengan keterbatasan komunikasi. Memberikan hadiah berupa pujian dan senyuman sangat dibutuhkan oleh siswa hiperaktif untuk memotivasinya. Hindari membanding-bandingkan anak karena tidak adil rasanya apabila anak yang mengalami kekurangan dibanding-bandingkandengan anak normal. Kemudian menggunakan terapi aba (aplied behavior analisis) dengan teknik satu orang siswa dan satu orang guru

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa
B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology > BF723 Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:26
Last Modified: 13 Nov 2025 04:26
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item