Pembinaan Akhlak SiswaSiswi Dipondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya

Kamalludin, 2114054 (2018) Pembinaan Akhlak SiswaSiswi Dipondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4778b-kamalludin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

KAMALLUDIN. NIM 2114.054 dengan judul Pembinaan Akhlak SiswaSiswi Dipondok Pesantren Darussalam Sitiung 1 Kabupaten Dharmasraya. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Bukittinggi.2018 Lantar belakang penelitian ini adalah kemajuan zaman yang begitu pesat membuat perubahan dari segala bidang, mulai dari teknologi sampai pada bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan yang sangat miris pada saat sekarang ini adalah akhlak siswa yang sudah banyak merosot maka sekarang diperlukan pihak sekolah untuk melakukan pembinaan akhlak siswa agar mereka tetap memiliki akhlak yang mulia di dunia modern sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam tentang proses pembinaan akhlak siswa di Pondok Pesantren Darussalam. Metode-metode yang digunkan dalam pembinaan akhlak siswa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa dipondok pesantren darussalam. Penelitian ini merupahkan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang pondok pesantren darussalam. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menelaah seluruh data, reduksi data, setelah itu baru menuangkan hasil ke dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Hasil penelitian ini menunujukan: (1) Metode yang digunakan dalam pembinaan akhlak siswa: Metode Uswah, Metode Ta’widiyah, Metode Mau’izah, Metode Qisah dan Metode Amtsal, Metode Tsawaf. (2) Pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di Pondok Pesantren Darussalam secara umum berjalan dengan baik tapi secara khusus belum berjalan dengan baik karena masih ada kerja sama antara orang tua dan guru belum disepakati karena selama ini yang berperan aktif adalah guru pembina asrama saja sedangkan orang tua siswa belum berperan aktif terhadap pembinaan akhlak siswa apabila antara orang tua siswa dan para guru, baik yang di asrama maupun di sekolah sudah bersepakat sama-sama melakukan pembinaan akhlak siswa maka pembinaan akhlak akan berjalan dengan seratus persen karena sudah ada, orang tua yang membatu guru dalam pembinaan akhlak . Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa di Pondok Pesantren Darussalam: (a) Instink (a) Kebiasaan (c) Keturuan (d) Adanya Keingian Dan Kemaun Keras (e) Hati Nurani. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak siswa di Pondok Pesantren Dasussalam: (a) Lingkungan (b) Keluarga (c) Sekolah (d) Masyarakat. 3

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:23
Last Modified: 02 Jul 2025 08:23
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item