Analisis Persepsi Masyarakat pada Perbankan Syariah (Studi Kasus: Para Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lawang Tigo Balai, Nagari Lawang Tigo Balai, Kec. Matur, Kab. Agam)

Zulfikar, 3321085 (2025) Analisis Persepsi Masyarakat pada Perbankan Syariah (Studi Kasus: Para Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lawang Tigo Balai, Nagari Lawang Tigo Balai, Kec. Matur, Kab. Agam). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Zulfikar 3321085 cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Zulfikar 3321085 abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Zulfikar 3321085 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lawang Tigo Balai terhadap perbankan syariah, meskipun secara agama mereka mengajarkan nilai-nilai Islam. Observasi awal dan wawancara dengan 10 guru menunjukkan bahwa hanya 4 orang guru yang menggunakan jasa bank syariah. Penyebab minimnya minat ini meliputi fasilitas yang dirasa kurang memadai, ketersediaan lembaga keuangan syariah terbatas di wilayah Lawang, serta pemahaman yang kurat tepat mengenai perbankan syariah sebagaian guru beranggapan bahwa transaksi bank syariah tidak berbeda signifikan dengan bank konvensional, hanya nama akadnya saja yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Analisis Persepsi Masyarakat Pada Perbankan Syariah Pada Guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lawang Tigo Balai, Nagari Lawang Tigo Balai, Kec. Matur, Kab. Agam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan para guru madrasah, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan data reduksi, data penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Madrasah Aliyah Muhammadiyah Lawang Tigo Balai memiliki persepsi positif secara umum terhadap prinsip dasar perbankan syariah, seperti bebas riba, dan sesuai syariat islam. (Meskipun demikian, pemahaman mereka cenderung bersifat umum dan belum mendalam. Peningkatan literasi keuangan syariah, perluasan jangkauan, serta inovasi produk dan layanan yang kompetitif adalah kunci untuk mengubah persepsi positif awal menjadi loyalitas dan preferensi jangka panjang Masyarakat).

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Persepsi, Perbankan Syariah, Guru Madrasah
Subjects: K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
H Ilmu Sosial > HG Keuangan > HG1501 Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 21 Nov 2025 09:10
Last Modified: 21 Nov 2025 09:10
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item