Yudistira Fuady, 2113170 (2018) Perancangan Modul Praktek Shalat Kelas VII di MTsN 1 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
52515-pdf.-skripsi-yudistira-fuady-nim.-2113170.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Perancangan Modul Praktek Shalat Kelas VII di MTsN 1 Agam” ditulis oleh YUDISTIRA FUADY, NIM. 2113.170. Program Strata Satu (S1) Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Bukittinggi. Penulis termotivasi membahas judul di atas karena dilatarbelakangi dengan pelaksanaan praktek shalat di MTsN 1 Agam. Praktek shalat merupakan proses pembelajaran untuk mengerahkan potensi yang dimiliki peserta didik sehingga peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pelakasaan praktek shalat serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa orang siswa yang kurang serius dalam proses pelakasanaan praktek shalat serta masih banyak siswa melaksanakan shalat yang tidak sesuai dengan syariat Islam. Dari permasalahan di atas, maka penulis berniat akan mengembangkan sebuah modul yang dapat digunakan dalam proses pelakasanaan praktek shalat. Maka dari itu rumusan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah Apakah pengembangan modul praktek shalat yang valid, praktis, dan efektif. Pada pembahasan skripsi ini penulis membatasi permasalahan pada Pengembangan modul praktek shalat lima waktu (fardhu). Kemudian tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangankan modul praktek shalat pada pelajaran fikih yang valid, praktis, dan efektif dalam mencapai tujuan praktek shalat. Jenis penelitian yang penulisan gunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu kemudian melalui pengujian produk. Sedangankan model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi (Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah Obeservasi (Obsevation) dan kuesioner (Questionnaire). Pengujian produk terdiri dari tiga tahap yaitu uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektifitas. Hasil penelitian dapat dikemukan bahwa modul praktek shalat yang dikembangkan sebagai media yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran dikelas dan juga bisa digunakan sebagai media untuk belajar mandiri oleh siswa. Modul praktek shalat ini telah melalui proses uji produk dan mendapatkan hasil yaitu hasil uji validitas 86,7 dengan keterangan sangat valid, kemudian hasil uji praktikalitas 90 dengan keterangan sangat praktis, dan hasil uji efektifitas 86,58 dengan keterangan sangat efektif.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 08:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 08:23 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/92 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |