Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Kelas X SMA N 1 Canduang Tahun Pelajaran 2019/2020

Nadya Rasyid, 2415096 (2020) Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Kelas X SMA N 1 Canduang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
f1bee-skripsi-nadya-rasyid-cover.pdf

Download (89kB)
[img] Text
f1bee-skripsi-nadya-rasyid-abstrak.pdf

Download (118kB)
[img] Text
f1bee-skripsi-nadya-rasyid-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di kelas X SMAN 1 Candung yaitu proses pembelajaran berjalan satu arah dan berpusat pada pendidik. Selain itu LKPD yang digunakan peserta didik untuk latihan dan tugas merupakan buku PR yang biasa dijual dipasaran, bukan LKPD yang dirancang oleh guru. Hal ini terjadi karena keterbatasan waktu, biaya dan keterbatasan kemampuan teknologi pendidik yang menyebabkan pendidik kewalahan dalam membuat media pembelajaran. Sehingga kurangnya media pembelajaran yang mampu membimbing dan mengarahkan aktifitas peserta didik. Mengatasi hal itu, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa LKPD untuk membantu proses pembelajaran berjalan lebih aktif dan tidak hanya berpusat pada pendidik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan LKPD matematika berbasis pembelajaran tuntas mastery learning yang valid, praktis, dan efektif di kelas X SMA N 1 Candung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis pembelajaran tuntas mastery learning yang valid, praktis, dan efektif di kelas X SMA N 1 Candung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu sebuah penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu atau menyempurnakan produk yang telah ada. Prosedur pengembangan yang peneliti gunakan adalah versi Sugiyono yang dibatasi sampai langkah ketujuh, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan revisi produk. LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tuntas yang penulis kembangkan divalidasi oleh tiga orang validator kemudian di perbaiki sesuai saran-saran dari validator, serta uji coba produk dengan uji praktikalitas dilihat dari aktivitas belajar peserta didik dan uji keefektifan dilihat dari hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian pengembangan yang telah dilakukan maka diperoleh LKPD dengan tingkat kevalidan berada pada kriteria valid yaitu 78.70%, untuk tingkat kepraktisan berada pada kriteria sangat praktis yaitu 82.00%, untuk tingkat keefektifan berada pada kriteria efektif yaitu 75.00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) di kelas X SMAN 1 Candung yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 03 Jul 2025 06:51
Last Modified: 03 Jul 2025 06:51
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item View Item