H. Fauzan A, 20114004 (2018) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN 23 Cibuak Ameh Pasia. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
FULLTEXT TESIS FAUZAN A.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Fauzan A, 2018 Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SDN 23 Cibuak Ameh Pasia, Tesis, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ( FTIK ) Pascasarjana IAIN Bukittinggi . Latar belakang penelitian ini adalah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 19 menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, tambahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu . Kurikulum 2013 membutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penerapan kurikulum 2013 salah satunya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Dilihat dari sisi perencanaanya pada silabus, RPP, dan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, sekolah tersebut sudah cukup siap untuk penerapan Kurikulum 2013. Yang menjadi permasalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti . penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran dan apa saja upaya-upaya yang dilakukan sekolah dan guru PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. di SDN 23 Cibuak Ameh Pasia , Ampek Angkek pada bulan Juli- Agustus 2018. Yang mana subyek penelitiannya adalah guru PAI dan Budi Pekerti kelas V. Sedangkan untuk informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah di SDN 23 Cibuak Ameh Pasia , Ampek Angkek. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 23 Cibuak Ameh Pasia , Ampek Angkek telah menerapkan Kurikulum 2013 pada PAI dan Budi Pekerti. Mulai dari perencanaan guru menyusun RPP. RPP disusun oleh tim kelompok kerja guru agama. Dalam proses, guru sudah menerapkan pendekatan scientifik yaitu mengamati, menanya, mengeksperimen, mengasosiasi, mengkomunikasikan. Dalam evaluasi guru juga melakukan penilaian autentik dengan menilai sikap, yaitu meliputi observasi, penilaian diri, dan jurnal. Nilai pengetahuan meliputi tes lisan, tes tulis, penugasan, ulangan harian, UTS dan UAS. Nilai keterampilan meliputi praktek dan unjuk kerja. Kepala sekolah dan guru berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kurikulum 2013 dengan mengikuti sosialisasi dan Bimtek. Adapun kendala yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013 adalah belum cukupnya buku pegangan siswa dan guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dan jumlah peserta yang banyak dalam satu rombel pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Keywords: | Implementasi , Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2 |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:00 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:00 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/97 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |