Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah pada Usaha Mikro di BPRS Haji Miskin Cabang Payakumbuh

Mondri Rahmadina, 3320012 (2025) Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah pada Usaha Mikro di BPRS Haji Miskin Cabang Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Mondri Rahmadina 3320012 abstrak.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Mondri Rahmadina 3320012 cover.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Mondri Rahmadina 3320012 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan akad jual beli yang telah banyak dikembangkan sebagai sandaran pokok dalam pembiayaan modal kerja dan investasi dalam perbankan syariah yang memiliki prospek keuntungan yang menjanjikan untuk nasabah. Pembiayaan mikro merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, khususnya dalam mendukung pengembangan usaha mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada usaha mikro di BPRS Haji Miskin Kc.Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada usaha mikro yang dilakukan BPRS Haji Miskin Kc.Payakumbuh yaknidengan strategi produk, dalam hal ini dalam pengajuan produk pembiayaan dilakukan dengan ketentuan dan syarat yang mudah. Harga (price), dalam hal ini pembiayaan murabahah pada usaha mikro pembayaran cicilan dilakukan dengan sistem harian, yakni 100 hari tanpa di punggut bila tanggal merah. Strategi Tempat, BPRS Haji Miskin Kc.Payakumbuh mudah diakses dan dekan dengan perumahan. Strategi promosi, strategi promosi yang dilakukan BPRS Haji Miskin Kc.Payakumbuh dengan caara dari mulut ke mulut dan sosialisasi kepada nasabah. Strategi people, strategi yang berfokus pada sumber daya manusia yang terlibat didalam pemasaran produk pembiayaan murabahah. Strategi proses, strategi yang berfokus pada mempercepat prosedur perkenalan produk sampai dengan dilakukanyan pembiayaan murabahah. Dan strategi bukti fisik, strategi pemasaran yang mengacu pada elemen yang memberikan bukti yang konkretatas kualitas dan keunggulan dari produk pembiayaan murabahah.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pemasaran,Pembiayaan Murabahah dan Usaha Mikro
Subjects: K Hukum > KBP Hukum Islam > KBP639 Muamalah
H Ilmu Sosial > HG Keuangan > HG1501 Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:49
Last Modified: 17 Dec 2025 02:53
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1282

Actions (login required)

View Item View Item