Rici Aulia Zetra, 2115211 (2020) Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Ampek Angkek Kab. Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rici-aulia-zetra.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
abstrak rici-aulia-zetra.pdf Download (84kB) |
|
|
Text
044c1-rici-aulia-zetra.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah masalah yang ditemui di lapangan yaitu pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa itu sendiri. karena dalam pembelajaran sangat ditekankan kemampuan komunikasi guru kepada siswa agar tercapainya tujuan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar dari siswa tersebut dan juga berpengaruh kepada nilai hasil belajar siswa baik yang tuntas dan tidak tuntas di SMPN 1 Ampek Angkek Kab. Agam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: seberapa besarkah pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pai di SMPN 1 AMPEK ANGKEK KAB. AGAM. Dan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui besarnya pengaruh kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi. Korelasi merupakan salah satu teknik analisis dalam statistik yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua variabel yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dan menggunakan analisis Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8.1 dan 8.2 dengan sampel berjumlah 63 orang. Kelas 8.1 berjumlah 31 orang dan kelas 8.2 berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang rendah serta significan antara kemampuan komunikasi guru terhadap Hasil Belajar PAI Siswa. Hal ini dibuktikan karena Ha diterima dan Ho ditolak, diketahui bahwa variable X (Kemampuan Komunikasi) berkorelasi rendah terhadap variable Y (Hasil Belajar PAI)) karena sig (2-tailed) dari variable kecil dari alpha (0.042 < 0.05). atau diketahui r-hitung sebesar 0.237 sedangkan r-tabel adalah 0.1573. maka dapat dismpulkan bahwa variable X (Kemampuan Komunikasi) berkorelasi rendah (0.237>0.1573) dan uji significan a=0,05 dan n=63. Uji sepihak dk = n-2 = 63-2 = 61 sehingga diperoleh t tabel= 1,669. Ternyata T hitung lebih besar dari T tabel atau 1,897>1,669, maka Ho ditolak. Artinya ada pengaruh significan antara kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas P Bahasa dan Sastra > P Filologi, Linguistik L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:09 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1119 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

