Upaya Guru dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 4 Pasaman

Muharani Hijrah, 2121172 (2025) Upaya Guru dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 4 Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Muharani Hijrah 2121172 cover.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Muharani Hijrah 2121172 abstrak.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Muharani Hijrah 2121172 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-efficacy siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII dan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan Self-efficacy siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 4 Pasaman. Self-efficacy siswa merupakan salah satu dimensi penting dalam pembelajaran, self-efficacy dalam pembelajaran berkaitan dengan sejauh mana siswa yakin terhadap kemampuan mereka sendiri untuk menangani tugas secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah guru Akidah Akhlak, sementara informan pendukung meliputi siswa kelas VIII.1 dan guru Bk. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan validasi menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keadaan atau tingkat self efficacy siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII.1 di MTsN 4 Pasaman, tergolong tinggi. Indikator kunci menunjukkan bahwa siswa memiliki keyakinan kuat dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi kesulitan belajar, didukung oleh motivasi diri yang tinggi dan keterlibatan aktif di kelas. Mereka juga menunjukkan kemampuan untuk berusaha keras, gigih, dan tekun mencapai tujuan. Dan Upaya guru dalam meningkatkan self-efficacy siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 4 Pasaman yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ada tahap perencanaan, guru menyusun modul ajar yang menjadi panduan pembelajaran. Selanjutnya, dalam tahap pelaksanaan, guru menerapkan metode active learning dan model cooperative learning yang efektif, mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar serta memfasilitasi kolaborasi dan dukungan antar siswa. Selain itu, upaya guru diperkuat dengan pemberian umpan balik positif secara konsisten, penciptaan lingkungan kelas yang kondusif, serta pemberian penghargaan atau rewards dan pujian atas prestasi siswa. Keseluruhan langkah ini secara signifikan berkontribusi dalam membangun keyakinan diri siswa terhadap kemampuan mereka, yang pada akhirnya sangat mendukung pengembangan karakter dan akhlak yang baik.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Upaya Guru, Self-Efficacy, Akidah Akhlak
Subjects: L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:04
Last Modified: 16 Dec 2025 02:04
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1271

Actions (login required)

View Item View Item