Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTsN 6 Agam

Silvia Netri, 2121263 (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas VII MTsN 6 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
SILVIA NETRI 2121263 cover.pdf

Download (268kB)
[img] Text
SILVIA NETRI 2121263 abstrak.pdf

Download (362kB)
[img] Text
SILVIA NETRI 2121263 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Salah satunya penggunaan media pembelajaran yang belum sesuai dengan tuntutan zaman. Dalam kegiatan pembelajaran, pemanfaatan media oleh guru sebagai sarana evaluasi di akhir pembelajaran belum dilakukan secara maksimal, sehingga siswa tidak terlibat secara langsung dengan media tersebut. Hal ini membuat pembelajaran terasa kurang menarik bagi siswa dan berdampak pada menurunnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan suatu media yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satunya yaitu media pembelajaran wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTsN 6 Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan yaitu one group pretest postest design. Populasi pada penelitian ini mencakup siswa kelas VII MTsN 6 Agam yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan satu kelas yaitu kelas VII.1. Penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu media pembelajaran wordwall (X) sebagai variabel bebas, dan motivasi belajar siswa (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebanyak 30 pernyataan. Untuk menganalisis data digunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Selain itu, hasil rekapitulasi menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa sesudah menggunakan media wordwall (postest) mengalami peningkatan menjadi 70, dibandingkan sebelum menggunakan media (pretest) yang rata-ratanya yaitu 66. Perbandingan rata-rata motivasi belajar siswa berdasarkan setiap indakator menunjukkan bahwa nilai postest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media wordwall dibandingkan sebelum penerapannya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Motivasi Belajar
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology > BF501 Motivasi
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:41
Last Modified: 22 Dec 2025 08:41
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item