Mukhlis Anshari, 2114146 (2018) Pelaksanaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pada Kelas XI Di MAN 1 Model Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
abstrak mukhlis.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
fulltext mukhlis anshari.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi factor rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Model Bukittinggi. Peneliti melihat bahwasannya hasil belajar peserta didik tampak kurang memuaskan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. peserta didik banyak yang mendapatkan nilai dibawah KKM 76 atau baru mencapai nilai (KKM 76) bertitik tolak dari hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 1 Model Bukittinggi. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang berperilaku yang dapat diamati. Penelitian ini peneliti lakukan dilaksanakan di MAN 1 Model Bukittinggi kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Yakni pertama, guru memberikan apersepsi kepada peserta didik.seperti mengaitkan suatu peristiwa yang sedang terjadi dan mengaitkannya kedalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam, namun guru jarang memberikan motifasi kepada peserta didik.pemberian motifasi yang diberikan seperti menampilkan video motivasi kepada peserta didik. kedua, dalam kegiatan inti pembelajaran pembelajaran, metode pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang dapat dimengerti oleh peserta didik. dan guru pun tidak memberikan penguatan kepada peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan Ketiga, dalam evaluasi yang sebagaimana salah satu dari evaluasi pembelajaran, guru jarang menyimpulkan materi pembelajaran dimana hal tersebut membuat siswa membaca lagi materi pembelajaran yang telah dipelajari untuk dapat lebih memahami isi materi tersebut
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc D History General and Old World > DS Asia L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:53 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |