Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Penerapan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ampek Angkek Kenagarian Biaro Gadang

Eka Satria, 2114194 (2018) Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Dalam Penerapan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Ampek Angkek Kenagarian Biaro Gadang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover eka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
abstrak eka.pdf

Download (139kB)
[img] Text
fulltext eka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena jarangnya penerapan mata pelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari dari apa yang telah diperoleh oleh siswa di sekolah. Orang Tua dan Guru memiliki peran masing-masing dalam membantu siswa dalam penerapan mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui informasi tentang: bentuk-bentuk kerja sama yang dilakukan oleh orang tua dan guru dalam menerapkan mata pelajaran PAI dan kendala-kendala yang dihadapi orang tua dan guru dalam penerapan mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian field research (penelitian lapangan) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan orang tua siswa dan informan pendukung dalam penelitian ini adalah waka kurikulum dan waka kesiswaan. Data kemudian dianalisis berdasarkan teknik analisa data yang disarankan oleh Milles dan Huberman dengan langkah reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data dengan cara membandingkan antara hasil wawancara dengan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka penulis menyimpulkan bahwa sudah terealisasi kerja sama Orang Tua dan Guru dalam penerapan mata pelajaran PAI, tapi belum berjalan dengan maksimal. Hal ini di sebabkan karena beberapa kendala yang dihadapi oleh Orang tua dan Guru yaitu Orang Tua siswa mempunyai kesibukan terhadap aktifitasnya sehingga sulit mengontrol kegiatan yang dilakukan siswa, rendahnya pendidikan Orang Tua sehingga Orang Tua sulit membantu siswa dalam penerapan mata pelajaran PAI, dan keadaan ekonomi keluarga siswa. Bentuk-bentuk kerja sama yang dilakukan Orang Tua dan Guru dalam penerapan mata pelajaran PAI adalah adanya kunjungan ke rumah siswa, diudangnya orang tua ke sekolah, case conference, mengadakan surat menyurat antara sekolah dan keluarga. Proses penerapan mata pelejaran PAI tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan oleh Orang Tua dan Guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa harus adanya kerja sama yang dilakukan oleh Orang Tua dan Guru dalam penerapan mata pelajaran PAI siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 17 Jul 2025 06:53
Last Modified: 17 Jul 2025 06:53
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item