Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bukittinggi

Heru Adlil, 2113015 (2018) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover heru.pdf

Download (22kB)
[img] Text
absrak heru-adlil-nim.-2113015.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4a23f-skripsi-pdf-heru-adlil-nim.-2113015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bukittinggi. Permasalahan dalam penilitian ini adalah dalam hal pengajaran, kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan metode pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh yang berdampak kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental jenis pretest-posttest control group design, Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII SMK Muhammadiyah Bukittinggi yang berjumlah 121 orang dalam bentuk ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih dengan teknik purposive sampling, kelas XII TKR 1 dijadikan kelas kontrol dan kelas XII TKR 2 dijadikan kelas eksperimen.. Dalam penelitian ini kelas eksperimen diberi perlakuan metode resitasi dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Datanya diperoleh dengan cara dokumentasi dan tes. Hasil uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-test, berdasarkan data diperoleh thitung dengan nilai 2,4730. Kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan dk = 40 dan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel dengan nilai 1,6839. Karena thitung besar dari ttabel (2,4730 ?1,6839 ) Maka H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai akhir kelas eksperimen dengan rata-rata nilai akhir kelas kontrol, dengan arti lain bahwa rata-rata nilai akhir kelas eksperimen tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai akhir kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai kelompok kelas eksperimen = 73,14 dan rata-rata nilai kelompok kelas kontrol = 68,19. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Muhammadiyah Bukittinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh, Metode Resitasi, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 21 Jul 2025 03:56
Last Modified: 21 Jul 2025 03:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item