Afrida Yanti, 201.16.036 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditori, Kinestetik (VAK) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis Kelas XI di MAN 1 Bukittinggi. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover afrida-yanti-magister-pai.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
abstrak afrida-yanti-magister-pai.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
32905-afrida-yanti-magister-pai.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadist bertujuan untuk: a) Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur’an dan Hadis, b) Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur’an dan hadits sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan, c) Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an dan hadis yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur’an dan Hadis. Karakteristik dari pembelajaran AlQur’an dan hadist di Madrasah Aliyah adalah menekankan pada kemampuan peserta didik dalam baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi berdasarkan pengamatan proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar peserta didik yang di temui dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis kelas XI di MAN I Bukittinggi adalah masih rendahnya aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran dan Hasil Ulangan yang masih belum mencapai nilai maksimal sesuai yang diharapkan. Salah satu alternatif dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) yaitu belajar dengan Visual (melihat), Auditory (mendengar) dan Kinestetik (bergerak) yang dilaksanakan dengan memanfaatkan potensi modalitas gaya belajar siswa yang telah dimilikinya dengan melatih dan mengembangkannya. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan melihat pengaruh perlakuan pada kelas kontrol dengan model konvensional dan kelas ekperimen dengan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK). Instrumen pengumpulan data dengan Angket, Observasi dan Tes Tulis. Penelitian dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan untuk masing-masing kelas. Pengolahan data dilakukan dalam bentuk kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal berikut. Pertama ,Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa dengan perlakuan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) di MAN 1 Bukittinggi. Kedua Bagaimana Hasil Belajar Siswa dengan perlakuan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) di MAN 1 Bukittinggi Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) dengan Model konvensional dan Hasil belajar siswa dengan Model Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) lebih baik daripada Hasil Belajar dengan Pembelajaran Konvensional . Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa terdapat Pengaruh yang Signifikan Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinestetik (VAK) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa Mata pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas XI di MAN 1 Bukittinggi. Kata Kunci: Model VAK,Aktivitas Belajar,Hasil Belajar,Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Keywords: | Model VAK,Aktivitas Belajar,Hasil Belajar,Al-Qur'an Hadis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2 |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:23 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:23 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |