Ira Yosmita, 2614102 (2019) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa Tinggal Kelas di SMA Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
61e92-34.ira-yosmita cover.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
61e92-34.ira-yosmita abstrak.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
61e92-34.ira-yosmita full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hilangnya kepercayaan diri siswa tinggal kelas di SMA N 1 Enam Lingkung, bentuk hilangnya kepercayaan diri siswa berupa adanya perasaan malu berlebihan yang dirasakan oleh siswa, merasa minder dengan teman-teman yang lain, adanya menyimpan rasa takut dalam bersosialisasi dengan teman yang lain, dan siswa tinggal kelas ini sulit untuk menerima keadaan dirinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan peristiwa yang terjadi di lapangan atau peneliti mencoba menggambarkan, menuliskan, dan menafsirkan suatu fenomena yang berkembang pada masa sekarang, untuk menjamin keabsahan dilakukan triangulasi data. Informan dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling SMA N 1 Enam Lingkung dan siswa tinggal kelas SMA N 1 Enam Lingkung. Hasil dari temuan penulis adalah upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa tinggal kelas upaya preventif, upaya kuratif, dan preservatif. Dalam layanan preventif ini terimplikasi layanan orientasi, dan layanan informasi. Dalam layanan kuratif terimplikasi layanan konseling perorangan. Sedangkan upaya preservatif terimplikasi program yang efektif dan efisisen. Dimana dalam pelaksanaan layanan diberikan materi yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri siswa tinggal kelas. Berdasarkan hasil penelitian di atas di SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman bahwa guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan tugasnya dengan cukup baik, pemberian layanan tersebut sangat bermanfaat bagi siswa dan memnbuat siswa tumbuh lagi kepercayaan dirinya. Dalam hal ini di harapkan guru bimbingan dan konseling lebih menigkatkan lagi kinerja dalam upaya menumbuhkan kepercayaan diri siswa tinggal kelas, dan pihak sekolah pun bisa ikut berpartisipasi juga dalam hal tersebut.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Kepercayaan Diri Siswa, Siswa Tinggal Kelas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 14:09 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 14:09 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |