Melatul Muliemi, 2114081 (2018) Pelaksanaan Pendidikan di TPA Musholla Sholihin jorong Talaweh Kenegarian Mungo Kecamatan Luak Kabupaten 50 Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover skripsi-melatul-muliemi.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
abstrak skripsi-melatul-muliemi.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
7d8d9-skripsi-melatul-muliemi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena santri taman pendidikan Al-quran Musholla Sholihin yang sebagian masih belum memahami tentang kaedah ilmu tajwid terutama mad dan waqaf padahal dalam proses pelaksanaan pembelajaran di TPA mereka diajarkan oleh gurunya, namun pada kenyataan, masih banyak santri yang tidak tahu hukum atau kaedah ilmu tajwid tersebut. Padahal santri Musholla Sholihin sudah belajar kurang lebih 1 tahun. Untuk itu penulis ingin meneliti lebih dalam tentang bagaimana pelaksanaan pendidikan Alquran di TPA Musholla Sholihin dengan metode Al-banjari. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan Alquran yang digunakan di TPA Musholla Sholihin dengan metode Al-banjari. Penelitian ini mengunakan penelitan kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan memanfaatkan berbagia motede alamiah. Dimana sumber data yang penulis jadikan sebagai informan kunci adalah guru TPA yang berjumlah 2 orang dan santri yang berjumlah 40 sebagai informen pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dalam pelaksanaan pendidikan Al-quran di TPA Musholla Sholihin guru hanya mengunakan satu metode saja, yaitu metode Al-Banjari. Namun dalam pelaksanaan metode tersebut guru belum mengikuti langkah-langkah yang terdapat dalam teori yaitu guru tidak menyuruh santri untuk mendengarkan bacaan guru serta guru tidak menilai latihan yang telah dibuat oleh santri. Guru tidak melakukan langkah-langkah tersebut dikarenakan guru di TPA Musholla Sholihin hanya mengenal motede pembelajaran tersebut secara umum. Sehingga guru hanya memberikan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan apa yang mereka ketahui saja.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:03 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:03 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |