Hubungan Belajar Kelompok dengan Kreativitas Siswa di SMPN 4 Candung

Restu Ulfani, 2614238 (2019) Hubungan Belajar Kelompok dengan Kreativitas Siswa di SMPN 4 Candung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
184e2-70.restu-ulfani-pdf-cover.pdf

Download (32kB)
[img] Text
184e2-70.restu-ulfani-pdf-abstrak.pdf

Download (367kB)
[img] Text
184e2-70.restu-ulfani-pdf-full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada beberapa siswa yang kurang serius ketika belajar kelompok sehingga belajar kelompok kurang bejalan dengan efektif dan efesien, yang dibuktikan dengan adanya beberapa siswa kurang aktif , dan kurang percaya diri dalam mengembangkan potensi yang dimiliki, mereka sibuk dengan kegiatan sendiri, tanpa menghiraukan yang lain. Alasan mereka tidak mau belajar kelompok dikarenakan takut di ejek, malu mengeluarkan pendapat, tidak dianggap dalam kelompok, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga kreativitas yang dimiliki oleh siswa tersebut kurang berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan belajar kelompok dengan kreativitas siswa di SMPN 4 Candung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket. Teknik analisis data menggunakan Statistic product and service solution (SPSS) versi 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian mengenai hubungan belajar kelompok dengan kreativitas siswa di SMPN 4 Candung, diperoleh rxy sebesar 0.394, sementara dari rtabel degree of freedom (df) 28 diperoleh angka 0.374, pada taraf signifikan ? 0,05. Maka dapat diketahui bahwa > dari pada , sehingga dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara positif antara belajar kelompok dengan kreativitas belajar siswa di SMPN 4 Candung, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Angka indeks korelasi tersebut terletak antara interpretasi 0,20-0,399, sehingga dapat diperoleh bahwa belajar kelompok korelasi “sangat Rendah” dengan kreativitas belajar siswa yang dialami siswa di SMPN 4 Candung. Angka tersebut menunjukan bahwa 15.52% belajar kelompok di tentukan oleh kreativitas, dan selebihnya ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Belajar Kelompok, Kreativitas Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:55
Last Modified: 29 Jul 2025 07:55
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/290

Actions (login required)

View Item View Item