Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMPN 2 Ampek Angkek

Suci Nandalia Asha, 2614224 (2019) Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMPN 2 Ampek Angkek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
1c068-1.suci-nandalia-asha-2614224 cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
1c068-1.suci-nandalia-asha-2614224 abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
1c068-1.suci-nandalia-asha-2614224 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, bahwa ada sebagian orangtua kurang perhatian terhadap anak nya, orangtua terkadang memberikan perhatian terhadap anak nya berupa material seperti memberikan fasilitas yang berlebihan terhadap anak nya. Juga ada siswa yang kurang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah baru, yang dibuktikan dengan adanya beberapa siswa yang belum mampu berinteraksi dengan teman sekelas nya, mereka hanya sibuk dengan kegiatannya sendiri, tanpa menghiraukan yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar konstribusi perhatian orangtua terhadap penyesuaian diri siswa di SPMN 2 Ampek Angkek . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 2 Ampek Angkek yang berjumlah 220 orang, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah stratified Random Sampling. stratified Random Sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang, alat pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket memakai likert. Teknik analisis data menggunakan Statistic Packages For Social Science (SPSS) versi 22.00 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa variabel perhatian orangtua diperoleh hasil sebesar 42,8% memiliki kecendrungan perhatian orangtua yang sedang atau cukup. Penyesuaian diri dari keseluruhan variabel penyesuaian diri diperoleh rata-rata penyesuaian diri siswa SMPN 2 Ampek Angkek adalah dengan kategori sedang atau cukup dengan persentase 32%. Terdapat hubungan/korelasi positif yang signifikan antara perhatian orangtua terhadap penyesuaian diri 0.323 sementara rtabel dengan degree of freedom (df) 54 yaitu 0,301 pada taraf signifikan 0.05, maka rhitung > rtabel yang berarti hipotesis alternative penelitian diterima dan korelasi berada pada taraf rendah. Dengan keeratan hubungan 10.43% dan arah hubungan positif. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi perhatian orangtua maka akan semakin tinggi penyesuaian diri siswadan begitu juga sebaliknya semakin rendah perhatian orangtua maka akan semakin rendah penyesuaian diri siswa

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 31 Jul 2025 17:31
Last Modified: 31 Jul 2025 17:31
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item