Ramadhan Putra, 2615097 (2019) Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Siswa (Studi Kasus) di SMP Nurul Ikhlas Tanah Datar. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
ca613-16-ramadhan-putra cover.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
ca613-16-ramadhan-putra abstrak.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
ca613-16-ramadhan-putra full.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di fokuskan kepada analisis terhadap kesulitan belaja siswa dalam hal ini mengacu kepada studi kasus di SMP Nurul Ikhlas Tanah Datar. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu dengan menggambarkan sesuatu sesuai dengan apa adanya. Satu informan dapat memberikan informasi-informasi yang akan dikembangkan, informan kuncinya adalah satu orang siswa, sedangkan informan pendukungnya adalah satu orang wali kelas, dan dua orang guru mata pelajaran di SMP Nurul Ikhlas Tanah Datar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, displai data, ferivikasi data, sedangkan teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi data yang diartikan sebagai teknikpengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data yang telah ada. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa terdiri atas 2 faktor yaitu: faktor internal dan faktor eksternal, dimana faktor internal terdiri dari: faktor jasmaniah dan faktor psikologis, sementara itu faktor eksternal terdiri dari: faktor sosial dan faktor non sosial. Faktor internal yang terdiri dari faktor jasmani ini ternyata tidak menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa, sementara itu faktor psikologis menjadi penyebab kesulitan belajar siswa, kemudian faktor eksternal yang terdiri dari faktor sosial ini ternyata sekolah menjadi penyebab kesulitan belajar siswa sementara itu faktor non sosial sendiri dimana jarak menjadi juga menjadi faktor penyebab kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan Belajar, Siswa SMP |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:49 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:49 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |