Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Persepsi Siswa tentang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N 1 Padang Panjang

Rizka Ade Fiana, 2615098 (2019) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Persepsi Siswa tentang Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP N 1 Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
d954e-17-rizka-ade-fiana cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
d954e-17-rizka-ade-fiana abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
d954e-17-rizka-ade-fiana full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

SMP N 1 Padang Panjang memilikikegiatan ekstrakurikuler yang harus diikuti semua siswa tanpa terkecuali, dalam penyebab tersebut banyak siswa yang berfikir dan berpendapat bahwa kegiatan ekstrakurikuler itu merupakan kegiatan yang membosankan dan kegiatan yang tidak penting serta siswa menganggap bahwa kegiatan estrakurikuler di sekolah tidak dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan koseling dalam mengembangkan persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 1 Padang Panjang. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif.Informan kuncinya adalahseorang guru bimbingan dan konseling,sedangkan informan pendukung adalah dua orang guru bidang ekstrakurikuler dan 5 orang siswa SMP N1 Padang Panjang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data, verifikasi data, sedangkan teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi data. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler yaitu melalui tugas pokok guru bimbingan dan konseling mealui upaya pengembangan layanan atau upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam mambantu merubah persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler. Dengan cara memberikan informasi khusus atau bimbingan khusus terhadap siswa yang terkait. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa telah melaksanakan berbagai upaya dalam mengembangkan persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Guru Bimbingan dan Konseling, Persepsi Siswa, Ekstrakurikuler
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:40
Last Modified: 05 Aug 2025 08:40
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item