Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Canduang

Rahma Dona, 2614199 (2019) Pengaruh Lingkungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 Canduang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
19102-28.rahma-dona cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
19102-28.rahma-dona abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text
19102-28.rahma-dona full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena beberapa peserta didik merasa senang bergaul dengan teman yang memiliki semangat belajar yang tinggi, dimana akan membuat peserta didik semakin tekun belajar, sehingga akan membutuhkan motivasi belajar yang tinggi pada peserta didik tersebut. Beberapa peserta didik mengatakan meraka senang untuk belajar kelompok baik itu dirumah maupun disekolah, hal tersebut membuat peseta didik yang lain semangat belajar dan memecahkan persoalan mengenai pelajaran yang sulit. Beberapa peserta didik yang di ajak teman untuk merokok di luar sekolah, namun motivasi belajar peserta didik tersebut tinggi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa beser pengaruh lingkungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Canduang. Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat regresi yaitu tipe penelitian yang bertujuan melihat dan mendeskripsikan pengaruh antara dua variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didikkelas XII SMAN 1 Candung 124 orang. Sampel penelitian sejumlah 55 orang peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik purposif sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket Likert. Pengkolerasian variabel penelitian menggunakan rumus r product moment, koefisien determinan, persamaan regresi, dan regresi sederhana dengan teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 22 Berdasarkan hasil penelitian ini hasil korelasi di lapangan dapat diketahuirhitung0,593> rtabel0,271dengan degree of freedom (Df) 53 pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka diperoleh gambaran bahwa terdapat pengaruh lingkungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Canduang dalam korelasi “sedangataucukup”, yang terletak antara antara(0.40 – 0.599) setelah melakukan perhitungan maka diperoleh nilai koefisien determinasi 35,16%. Berdasarkan nilai tersebut dapat diartikan variansi variabel lingkungan sosial teman sebaya dipengaruhi sebesar 35,16% motivasi belajar peserta didik 64,84% ditentukan oleh faktor lain. Sedangkan persamaan regresinya yaitu, y =31,607+ 0,686x dan hasil uji F yaitu 28,702 dengan sig 0,00 < 0,05 dari tabel F yaitu 3,165 dengan alfa 0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sosial teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN1 Canduang. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh lingkungansosial teman sebaya terhadap motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 Canduang.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Lingkungan Sosial, Motivasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Aug 2025 08:10
Last Modified: 22 Aug 2025 08:10
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item