Bulan Purnama Sari, 3321012 (2025) Analisis Strategi Menggunakan Marketing Mix dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Melakukan Pembiayaan KPR Syariah Studi Kasus Bank Muamalat KCP Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
Bulan Purnama Sari cover.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Bulan Purnama Sari abstrak.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI BULAN PURNAMA SARIIIII.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “ Analisis Straregi Menggunakan Marketing Mix dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Melakukan Pembiyaan KPR Syariah (Studi Kasus Bank Muamalat KCP Solok)” yang disusun oleh Bulan Purnama Sari dengan Nim 3321012 jurusan S1 Perbankan Syariah, fakultas ekonomi dan bisnis islam (FEBI). Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djambek Bukittinggi. Dibimbing oleh ibu Gina Haviza Elmizan, S.E., ME Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi keuangan syariah dan kepercayaan masyarakat terhadap produk perbankan syariah yang menjadi hambatan utama dalam menarik lebih banyak nasabah, kurangnya pemahaman masyarakat tentang keunggulan KPR Syariah, seperti bebas riba dan transparansiyang menyebabkan masih banyak calon nasabah ragu untuk menggunakan produk nin serta optimalisasi teknologi digital dan media sosial belum sepenuhnya dimanfaatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Strategi bank muamalat KCP Solok dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap KPR Syariah menunjukkan adanya upaya yang cukup signifikan melalui pendekatan marketing mix. Bank memanfaatkan berbagai strategi seperti edukasi langsung,pemasaran digital, program bunling dengan developer, hingga penawaran margin spesial dan dp fleksibel. Kendati demikian, terdapat sejumlah hambatan yang dihadapi, seperti rendahanya literasi masyarakat mengenai perbankan syariah, keterbatasan media promosipromosi di daerah tertentu, serta persepsi negatif bahwa KPR Syariah lebih rumit dan mahal. Selain itu, kendala geografis dan rendahnya urbanisasi di wilayah solok turut mempengaruhi permintaan propeti yang secara tidak langsung berdampak pada pemasaran KPR Syariah. Disisi lain keterbatasan pemahaman karyawan terhadap konsep akad syariah juga menjadi tantangan tersendiri dalam menyampaikan keunggulan produk kepada calon nasabah. Oleh karena itu, strategi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan terutama dalam hal edukasi, digitalisasi layanan, dan peningkatan kualitas sdm sangat diperlukan untuk memperluas jangkauan dan daya tarik pembiayaan kpr syariah di wilayah ini. Untuk mengatasi hambatan tersebut, bank muamalat kcp solok menerapkan strategi seperti penguatan kompetensi karyawan, penyediaan skema dp fleksibel (bahkan hingga 0%), serta promosi digital yang aktif. Pemanfaatan testimoni nasabah dan kerja sama strategis dengan developer juga menjadi kunci dalam memperkuat kepercayaan publik. Meskipun masih mengahadapi tantangan geografis dan persepsi negatif, strategi yang dilakukan telah menunjukakan peningkatan minat masyarakat secara bertahap, terbukti dari meningkatnya jumlah nasabah kpr syariah dari tahun ke tahun.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Analisis Strategi, Marketing Mix, Pembiayaan KPR Syariah |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:42 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:28 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |