Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Café Monis Kitchen Kubang Putih Kec. Banuhampu)

Shinta Delina, 3221128 (2025) Strategi Pengembangan Usaha dalam Meningkatkan Pendapatan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Café Monis Kitchen Kubang Putih Kec. Banuhampu). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Skripsi Shinta Delina 3221128 cover.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Skripsi Shinta Delina 3221128 abstrak.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Skripsi Shinta Delina 3221128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis makanan dan minuman yang semakin meningkat sehingga hal ini mengharuskan setiap usaha untuk dapat membuat strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan perspektif ekonomi islam. Adapun rumusan masalah adalah bagaimanakah strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan perspektif ekonomi islam pada café monis kitchen kubang putih. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan perspektif ekonomi islam yang dapat diterapkan pada cafe monis kitchen kubang putih. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis digunakan adalah analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam usaha tersebut. Data dianalisis menggunakan matriks IFAS dan EFAS untuk menentukan posisi strategis perusahaan yang nantinya akan tergambar dalam matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan pendapatan perspektif ekonomi islam pada café monis kitchen kubang putih kec.banuhampu adalah melalui strategi SO dengan bobot skor 4,08. Adapun strategi-strateginya: Menggunakan bahan baku yang berkualitas dan mengembangkan varian produk baru yang lebih beragam dan menarik untuk memasuki pasar mahasiswa yang luas. Memanfaatkan konsep cafe alami dan nyaman untuk membuat konten promosi melalui penggunaan media sosial untuk promosi. Menawarkan harga menu yang terjangkau untuk menjalin kerja sama pesan antar dengan GooFood/GrabFood/ShopeeFood. Memanfaatkan lokasi strategis dekat kampus untuk memasuki tren nongkrong dan belajar di café. Mengoptimalkan keterampilan SDM untuk mengembangkan variasi produk cemilan halal kekinian yang sesuai dengan tren pasar dan selera konsumen muda. Prinsip ekonomi Islam yang menjadi pedoman utama dalam strategi ini adalah prinsip halal dan thayyib, yang berarti tidak hanya memastikan bahwa produk yang ditawarkan sesuai dengan ketentuan halal menurut syariat Islam, tetapi juga memperhatikan aspek kebersihan, keamanan, dan kualitasnya (thayyib).

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Analisis SWOT, Pengembangan usaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 10 Sep 2025 03:22
Last Modified: 11 Sep 2025 02:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item