Melta Fitri Yanti, 2317104 (2024) The Effect of Choral Reading Strategy on Students' Reading Comprehension in Recount Text at the Tenth Grade of SMA N 1 Canduang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Melta Fitri Yanti 2317104 cover.pdf Download (119kB) |
|
|
Text
Melta Fitri Yanti 2317104 abstrak.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
Melta Fitri Yanti 2317104 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi choral reading dalam meningkatkan reading comprehension siswa yang mempunyai banyak masalah terutama dalam kemampuan memahami inti suatu teks, kesulitan mengetahui topik dan tujuan teks dan tidak mempunyai kosakata yang cukup untuk mendukung mereka dalam memahami teks. Selain itu, strategi yang digunakan guru adalah diskusi dan strategi ini tidak sesuai dengan kondisi yang dihadapi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan berbentuk pre-test and post-test. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Canduang yang berlokasi di Canduang, Lasi, mulai bulan Oktober sampai November tahun 2023. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh yang melibatkan 46 siswa untuk kedua kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan terlebih dahulu dengan memberikan pre-test untuk kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian memberikan perlakuan di kelas eksperimen tetapi tidak di kelas kontrol dan terakhir memberikan post-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi choral reading dalam meningkatkan reading comprehension siswa pada teks recount sebelum dan sesudah perlakuan dan antara penggunaan strategi choral reading dan strategi pengajaran konvensional. Ada dua hipotesis dalam penelitian ini dan menggunakan dua jenis teknik analisis statistik parametrik menggunakan SPSS 20.00. Hipotesis pertama dianalisis dengan menggunakan uji satu sampel berpasangan, hasilnya menunjukkan Ha diterima dengan kriteria nilai Sig (2-Tailed) < α (0.000 < 0.05) atau dengan kriteria nilai thitung > ttabel dengan df 22 pada level signifikansi 5% (13.024 > 2.074). Hipotesis kedua dianalisis dengan menggunakan satu uji sampel independen, hasilnya menunjukkan Ha diterima dengan kriteria nilai Sig (2-tailed) < α (0.004 < 0.05) atau dengan kriteria nilai thitung > ttabel dengan df 44 pada level signifikansi 5% (2.996 > 1.680).
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | choral reading, pemahaman membaca, strategi membaca |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas P Bahasa dan Sastra > PE English |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:44 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:44 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

