Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 2 Koto Nan Gadang Payakumbuh Tahun Pelajaran 2017/2018

Nova Marlina, 2413108 (2018) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 2 Koto Nan Gadang Payakumbuh Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pdf-nova-marlina.pdf

Download (14kB)
[img] Text
abstrak nova-marlina.pdf

Download (6kB)
[img] Text
0ee95-pdf-nova-marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan orang tua yang berbeda-beda yang menyebabkan prebedaan prestasi yang diperoleh siswa. Tinggi rendahnya pendidikan orangtua sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan melihat pengaruh yang diberikan oleh tingkat pendidikan orangtua yang berbeda tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah terdapat Pengaruh signifikan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Payakumbuh . Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh tingkat pendidikan orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN 2 Kota Payakumbuh”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Kota Payakumbuh.. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian 15 % dari setiap kelas, sehingga sampel diperoleh sebanyak 44 siswa. Dari hasil analisis akhir dengan menggunakan uji-t dan Software SPSS pada taraf nyata ? = 0,05, diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,111> 2,01, maka Ho ditolak, sehungga terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orangtua terhadap hasil belajar. Kata kunci: Pendidikan Orangtua dan Prestasi Belajar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman
L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:18
Last Modified: 16 Oct 2025 03:18
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item