Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Siswa Kelas VII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2017/2018

Melda Hidayat, 2413138 (2018) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada Siswa Kelas VII SMPN 1 IV Koto Tahun Pelajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover pdf-melda-hdayat.pdf

Download (17kB)
[img] Text
abstrak pdf-melda-hdayat.pdf

Download (32kB)
[img] Text
a4f13-pdf-melda-hdayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran matematika, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbentuk uraian, dan rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika (tes akhir). Dari hasil analisis tes akhir dengan menggunakan uji t diperoleh hasilt =2,861dant =1,67pada taraf nyata ?=0,05. Karenat >t berarti H ditolak pada taraf nyata ?=0,05. Selain itu, denganmenggunakan Software Minitab diperolehP =0,003yang artinyaP ??dengan ?=0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 IV Koto tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Ilmu > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:46
Last Modified: 23 Oct 2025 08:46
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item