Latifah Tulkamalia, 2415045 (2019) Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Metode Discovery Learning Di Kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover latifah-tulkamalia-2415.045-.pdf Download (63kB) |
|
|
Text
abstrak latifah-tulkamalia-2415.045-.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
f1ca7-latifah-tulkamalia-2415.045-.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman berdasarkan observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan yaitu kurangnya self-confidence siswa dalam belajar matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode discovery learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah selfconfidence siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode discovery learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensionalkelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode discovery learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2018/2019. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode discovery learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2018/2019’’ Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 49 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebagai kelas kontrol dan sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari angket selfconfidence siswa. Dari hasil analisis angket dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata , diperoleh harga yaitu dan dibandingkan dengan Software SPSS dengan Pvalue 0,000 , karena Pvalue sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa self-confidence siswa dalam pembeajaran matematika dengan menggunakan metode discovery learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VIII MTs.S Paingan Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2018/2019. Key words : Self-confidence, Metode Discovery Learning
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas Q Sains > QA Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 08:23 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 08:23 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

