Sri Ardiyanti, 2516034 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Daring Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di MAN 1 Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
ce92c-skripsi_1-5_lampiran_sri-ardiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah hasil belajar daring peserta didik kurang memuaskan, dikarenakan beberapa faktor diantaranya, terlihat model pembelajaran yang selama ini yang diterapkan masih memusatkan perhatian pada pendidik dan rendahnya partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran pada materi TIK. Pendidik yang lebih berperan aktif sehingga terlihat dalam pembelajaran daring masih banyak aktivitas peserta didik yang tidak relevan dalam proses pembelajaran tersebut, sehingga pelajaran yang disampaikan pendidik tidak dapat diterima peserta didik dengan baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu seberapa besar Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar daring siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Man 1 Pasaman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Posttest-Only Control Group Design yang digunakan dalam bentuk quasi exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1,XI IPS2, XI IPS3 dan XI IPS4. Sampel yang akan digunakan teknik Sampling yang digunakan mengambil sampel untuk wali dari populasi secara acak (random). Dalam penelitian ini dibutuhkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari 4 kelas diperoleh 2 kelas sebagai sampel untuk mewakili populasi. Yang mana didapat kelas eksperimen (XI IPS2) dan kelas kontrol (XI IPS3). Hasil penelitian yaitu peningkatkan hasil belajar daring kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelas tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis yang dapat digunakan uji t, menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji t, diperoleh thitung = 2,4984 sedangkan untuk nilai ttabel= 2, 04841 oleh karna itu thitung> ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Daring Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di MAN 1 Pasaman.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar Daring and Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer |
Depositing User: | Mrs Kurnia |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 08:39 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 08:39 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/70 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |