Peran Kelompok Kerja Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Hilda Sopya, 2120164 (2025) Peran Kelompok Kerja Guru PAI dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Hilda Sopya 2120164 cover.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Hilda Sopya 2120164 abstrak.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Hilda Sopya 2120164 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banuhampu kabupaten Agam perlu ditingkatkan. Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam sebagai wadah pengembangan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif menggunakan model miles dan huberman, meliputi reduksi data ,penyajian data dan penarikan kesimpulan,teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumberdan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KKG PAI berperan sebagai: (1) Reformator dalam ruang kelas, memfasilitasi perubahan metode pengajaran dan mendorong inovasi; (2) Mediator dalam pengembangan kurikulum, membantu guru memahami dan mengimplementasikan kurikulum; (3) Supporting agency dalam inovasi manajemen kelas dan sekolah, memberikan panduan dan platform untuk inovasi; (4) kolaborator, mendorong kolaborasi dengan unit terkait dan organisasi profesi; (5) Evaluator, memberikan umpan balik untuk meningkatkan praktik pengajaran; dan (6) Clinical dan akademik supervisor, menerapkan pendekatan penilaian aprasial. Kelompok kerja guru PAI berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di Kecamatan Banuhampu, meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan sumber daya.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: KKG PAI, Kompetensi Guru, Profesional Guru, Pendidikan Agama Islam, Banuhampu kabupaten Agam.
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1775 Bimbingan Vokasi, Pelatihan Guru
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 13 Nov 2025 06:37
Last Modified: 13 Nov 2025 06:37
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item