Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs N Balingka

Maulida Sari, 2613016 (2018) Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs N Balingka. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover maulida-sari-2613.016-.pdf

Download (104kB)
[img] Text
abstrak maulida-sari-2613.016-.pdf

Download (241kB)
[img] Text
3f6a9-maulida-sari-2613.016-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Layanan informasi bidang belajar merupakan informasi yang bermanfaat yang diberikan kepada siswa yang bisa meningkatkan kemampuan dalam belajar. Hasil belajar adalah tingkat pencapaian usaha belajar yakni perbaikan dan perubahan dalam individu yang didefenisikan dalam prilaku dan skill yang dilihat melalui hasil belajar yang dicapai dari sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran, ada siswa yang kurang mampu dalam pencapaian kriteria ketuntasan minimal dan kurangnya kepedulian siswa terhadap pendidikan khususnya belajar. Layanan informasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang sebelumnya berkurang, hal ini dapat dilihat dari sikap siswa dalam mendapatkan layanan informasi pada bidang bimbingan belajar dari guru pembimbing. Dalam layanan informasi bidang bimbingan belajar ada siswa yang meningkat hasil belajarnya, sementara itu ada juga siswa yang nilainya tidak terlalu memiliki perubahan. Guru BK mengembangkan potensi, dan bakat melalui pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN Balingka. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Balingka berjumlah 200 orang. Sampel penelitian sejumlah 40 orang siswa yang ambil dengan teknik pengambilan sampel non random yang diduga adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan jenis skala Likert. Data di analisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dengan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 22 Hasil analisis data menunjukkan Fhitung sebesar 15,159 dengan signifikansi 0,000, karena signifikansi < 0,05, menunjukan bahwa nilai F hitung yang diperoleh signifikan. Apabila 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN Balingka. Adapun besarnya pengaruh variabel layanan informadsi terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN Balingka sebesar 28,51 %. Angka ini menunjukkan bahwa 28,51% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh layanan informasi selebihnya ditentukan oleh hal lain.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1620.4 Bimbingan dan Konseling Siswa Sekolah Menengah
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikolodi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:08
Last Modified: 17 Nov 2025 07:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item