Roni Rusli, 2121032 (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Pengalaman Ibadah Siswa di SD Negeri 24 Biaro Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Roni Rusli 2121032 cover.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
Roni Rusli 2121032 abstrak.pdf Download (295kB) |
|
|
Text
Roni Rusli 2121032 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada pentingnya Pendidikan karakter religius serta faktor penghambat, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, karakter siswa yang beragam, serta pengaruh lingkungan luar yang dapat mengganggu proses pembinaan karakter religius. Karakter religius diharapkan dapat menumbuhkan sikap positif dan kedisiplinan siswa, yang merupakan bagian integral dari pendidikan di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan: (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai karakter religius dalam pengamalan ibadah siswa di SD Negeri 24 Biaro? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman pendidikan karakter religius di sekolah tersebut?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius adalah kebijakan sekolah yang komprehensif, seperti program tahfidzh, puasa sunnah, dan shalat berjamaah, berkontribusi positif terhadap pengamalan ibadah siswa dan keteladanan guru serta keterlibatan orang tua dalam menyiapkan makanan untuk berbuka puasa bersama dan mendampingi anak dalam kegiatan ibadah di rumah. Adapun faktor pendukungnya seperti lingkungan sekolah yang mendukung, peran orang tua dan komite, lingkungan sosial sekolah yang mendukung, adapun faktor penghambat yang dihadapi seperti keterbatasan sarana dan prasarana, karakter siswa yang beragam, serta pengaruh lingkungan luar dapat menghambat proses pembinaan karakter religius. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter religius di SD Negeri 24 Biaro, sehingga siswa tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga cerdas spiritualnya yang di bingkai dengan akhlakul karimah.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan Karakter Religius, Pengamalan Ibadah, Faktor Pendukung |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:33 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:33 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

