Analisis Strategi Public Relation dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Lima Puluh Kota (Studi Kasus PDAM Sarilamak)

Sinta Nuriyah, 3720036 (2025) Analisis Strategi Public Relation dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Lima Puluh Kota (Studi Kasus PDAM Sarilamak). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Sinta Nuriyah 3720036 cover.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Sinta Nuriyah 3720036 abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Sinta Nuriyah 3720036 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan pelanggan terhadap perusahaan PDAM hal ini mengakibatkan kerugian bagi perusahaan maupun pelanggan. penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisa strategi pelayanan pada PDAM dalam mengatasi keluhan pelanggan PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota. Fokus penelitian ini adalah Strategi Public relation yang dilakukan pada perusahaan daerah air minum (PDAM) Kabupaten Lima Puluh Kota dalam mengatasi keluhan pelanggan. Penelitian ini menarik diteliti karena kajian mengenai strategi public relation pada PDAM. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi public relation dalam mengatasi keluhan pelanggan pada perusahaan air minum ( PDAM) di kabupaten lima puluh kota . Metode penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan In Depth interview kepada Direktur, Karyawan serta kepada para Pelanggan PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota dan peneliti juga melakukan observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perusahaan memberikan solusi semua keluhan pelanggan terhadap PDAM dan juga menjalin hubungan yang baik terhadap para pelanggan guna untuk mempertahankan strategi public relation perusahaan PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota. Konsep strategi public relation PDAM Kabupaten Lima Puluh Kota terdiri dari research, planning, action (Implementasi) dan evaluation yang merupakan satu bagian integral yang berkesinambungan dan saling berhubungan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Public Relation, PDAM, Keluhan Pelanggan.
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5717 Komunikasi Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:29
Last Modified: 24 Nov 2025 03:29
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item